Cara Merawat Kulit Kepala Berminyak


Kulit Kepala Berminyak
Memiliki rambut berminyak tentu merupakan tantangan tersendiri sebab perawatannya jauh lebih rumit ketimbang jenis rambut lainnya. Rambut berminyak mengacu pada kondisi dimana kulit kepala memproduksi minyak dalam jumlah yang berlebih. Minyak ini kemudian membuat rambut terlihat lepek dan tidak menarik. Selain membuat rambut terlihat kusam, minyak yang berlebih juga membuat kotoran dan mikroba mudah menempel pada rambut.  Jika dibiarkan, maka mikroba tersebut akan membuat rambut Anda berketombe dan rapuh. Kulit kepala berminyak memang menyusahkan, tapi siapa bilang tak bisa diatasi?

Dari Mana Asal Minyak Di Kepala?

Secara alamiah, kulit kepala kita dilengkapi dengan kelenjar minyak yang bernama sebaceous. Kelenjar ini memiliki fungsi utama yakni memproduksi sebum. Sebum sendiri berfungsi untuk melindungi kelembapan kulit kepala. Untuk beberapa kondisi, produksi sebum berlebih membuat rambut terlihat berminyak. Hal ini bisa jadi disebabkan oleh perubahan hormonal, tekanan emosional, faktor makanan, dan juga faktor genetik.

Tips Merawat Kulit Kepala Berminyak

Ada beberapa cara ampuh untuk mengatasi problem yang ditimbulkan oleh kelebihan produksi sebum ini. Cara pertama yang paling mudah adalah keramas setiap hari maksimal dua kali. Gunakan shampoo yang bebas dari kandungan minyak. Cermati pula kandungan shampoo tersebut, jangan sampai ada unsur seperti siliko serta lanolin. Sebisa mungkin jangan memakai shampoo dan kondisioner yang telah tergabung dalam satu botol. Kondisioner tetap dianjurkan, namun pilihlah produk kondisioner yang terpisah dari shampoo. Lebih lanjut, pemakaian kondisioner pun disarankan hanya pada ujung rambut.

Langkah lain yang bisa Anda lakukan adalah senantiasa menutup rambut saat hendak keluar rumah. Paparan sinar matahari membuat rambut berminyak anda semakin parah. Ditambah lagi dengan debu, mikroba serta polusi yang mudah menempel pada kondisi rambut yang lepek akan memperparah kondisi rambut Anda. Tips selanjutnya adalah jangan sering memegang rambut Anda sebab akan membuat rambut semakin berminyak.

Cara lain yang bisa Anda terapkan adalah penggunaan masker lemon yang dipadu dengan yoghurt. Campuran kedua bahan ini disinyalir mampu mengatasi kelebihan minyak di kulit kepala Anda. Caranya adalah dengan mengoleskan adonan campuran antara lemon dan yoghurt dan membiarkannya kurang lebih 30 menit. Setelah itu bilas dengan bersih. Selain mengatasi kelebihan minyak, resep ini juga kabarnya bisa mencegah ketombe pada kulit kepala.

Saran lain yang bisa Anda terapkan adalah kurangi penggunaan serum untuk rambut. Sebab serum akan membuat kondisi rambut semakin lepek dan berminyak. Jika Anda memang tak bisa lepas dari serum, usahakan penggunaannya cukup di malam hari sebelum Anda tidur. Menggunakan serum di siang hari akan membuat kotoran semakin mudah hinggap di kulit kepala yang berminyak. Tips terakhir adalah, kurangi frekuensi Anda menyisir rambut. Sebab dengan menyisir, secara tidak langsung minyak yang berada di kulit kepala akan terbawa ke batang rambut.