Cerdas Memilih Shampoo Untuk Rambut Rontok


Shampoo Untuk Rambut Rontok
Rambut merupakan bagian yang tak terpisahkan dari kecantikan. Istilah mahkota telah lama diasosiasikan sebagai penggambaran betapa pentingnya rambut bagi seseorang. Namun seiring bertambahnya usia, atau pada beberapa kondisi tertentu, rambut akan mengalamai gejala kerontokan. Hal ini patut Anda waspadai, sebab jika tidak, boleh jadi mahkota Anda akan hilang. Untuk mencegah dan mengobati rambut rontok, Cara paling murah adalah menggunakan shampoo yang tepat. Di pasaran telah banyak produk yang mengkhususkan diri sebagai shampoo untuk rambut rontok. Tugas anda adalah memilahnya sesuai dengan kondisi rambut Anda

Tips Dan Trik Memilih Shampoo

Tips dan trik memilih shampoo untuk rambut rontok memang gampang-gampang susah. Sebab bagaimanapun, kondisi rambut masing-masing orang tentu berbeda. Ada beberapa hal yang wajib Anda pertimbangkan sebelum memilih shampoo untuk rambut Anda. Pertama, cermati bahan shampoo. Sebelum membawa pulang shampoo ke rumah, ada baiknya Anda membaca detil bahan yang digunakan shampoo tersebut. Uji klinis membuktikan bahwa beberapa senyawa memang baik untuk memelihara kesuburan rambut. Gunakanlah shampoo yang memiliki kandungan nutrisi yang dibutuhkan untuk rambut. Misalnya shampoo dengan kandungan lidah buaya atau shampoo dengan extra protein.

Langkah selanjutnya adalah pastikan shampoo yang akan Anda gunakan tidak memiliki busa yang berlebih. Selama ini, orang-orang cenderung memilih shampoo dengan busa melimpah. Padahal menurut para peneliti, shampoo dengan busa melimpah justru memberatkan kerja rambut sebab mengandung deterjen yang jauh lebih banyak. Deterjen merupakan bahan kimia yang berpotensi membuat rambut kering dan rontok.

Hal lain yang harus Anda perhatikan adalah kondisioner pada shampoo. Beberapa produk menawarkan shampoo yang telah memiliki kandungan kondisioner. Hal ini tentu menguntungkan Anda sebab tak perlu lagi membeli produk kondisioner secara terpisah. Pakar kesehatan rambut menganjurkan pemakaian kondisioner setiap keramas. Sebab kondisioner berfungsi melembabkan rambut. Rambut yang lembab cenderung lebih subur. Jika Anda memiliki rambut berminyak, memakai kondisioner akan membuat rambut semakin lepek. Solusinya sering-seringlah mencuci rambut Anda.

Shampoo Herbal

Tips lain memilih shampoo untuk rambut rontok adalah mecermati kealamiannya. Semakin sedikit kandungan kimia dalam produk shampoo semakin baik untuk kesehatan rambut Anda. Adalah pilihan yang bijak jika Anda menggunakan shampoo herbal yang kini sedang menjadi primadona. Untuk harga memang terbilang mahal, namun kualitas shampoo juga jelas berbeda dengan produk lainnya.

Tips lain yang bisa Anda coba yakni dengan memilih shampoo untuk rambut berketombe. Di beberapa kondisi, kerontokan rambut dipicu oleh ketombe yang membuat akar rambut menjadi rapuh. Dengan menggunakan shampoo anti ketombe, akar rambut bisa terlindungi dari kerapuhan. Cara lain untuk memperkuat rambut adalah dengan mengganti produk shampoo secara berkala. Hal ini untuk menghindari kebalnya rambut terhadap shampoo tertentu. Meski belum teruji klinis, tapi banyak pakar kesehatan rambut yang menyarankan trik ini.

Konsultasi Ke Dokter


Memilih shampoo untuk rambut rontok hanyalah salah satu langkah untuk mengurangi kerontokan rambut. Bagaimanapun, selain shampoo, faktor seperti asupan nutrisi, kondisi psikologis serta perlakuan terhadap rambut harus tetap Anda cermati. Jika kerontokan terus terjadi, ada baiknya Anda segera berkonsultasi ke dokter terkait.