Vitamin Untuk Rambut Rontok


Vitamin Untuk Rambut Rontok
Kerontokan pada rambut bisa membuat seseorang merasa minder. Rambut memang merupakan pelengkap penampilan. Penyempurna kecantikan. Kerontokan rambut oleh sebagian orang dianggap sebagai hal yang mengganggu. Hal ini wajar sebab jika berlangsung terus menerus, boleh jadi kebotakan Akan menghampiri. Ada banyak cara yang dilakukan untuk mengobati rambut yang terlanjur mengalamai kerontokan. Salah satunya adalah mengkonsumsi vitamin untuk rambut rontok.

Vitamin Untuk Rambut

Pada dasarnya ada banyak varian dari vitamin rambut. Anda harus jeli melihat fungsinya sebelum membeli. Secara umum, vitamin untuk rambut dibagi atas dua yakni vitamin yang penggunaannya dengan cara mengoleskan langsung pada rambut dan vitamin yang digunakan sebagai suplemen penguat rambut. Kedua jenis vitamin ini memiliki fungsi yang berbeda. Vitamin yang langsung diaplikasikan ke rambut memiliki fungsi utama untuk membuat rambut tampak berkilau. Sementara vitamin yang dikonsumsi bekerja dari dalam untuk menguatkan, menyuburkan serta menunda perubahan warna pada rambut (uban).

Perangi Rontok Dengan Biotin
Jenis vitamin untuk rambut rontok bernama biotin. Biotin mengandung senyawa yang sangat baik untuk mencegah terjadinya kerontokan rambut. Mekanisme kerjanya dengan cara merangsang metabolism karbohidrat, lemak, protein serta berbagai komponen enzim pendukung. Keunggulan biotin adalah sifatnya yang mudah larut dalam air sehingga jika dikonsumsi akan mudah diserap tubuh. Selain mencegah kerontokan, biotin juga berfungsi untuk menstimulus pertumbuhan rambut.

Saat ini biotin telah banyak diedarkan dalam betuk kapsul. Anda bisa mendapatkannya dengan mudah di apotek terdekat. Dosis biotin yang dianjurkan sebesar 30 sampai 100 mcg. Lebih lanjut Anda bisa mengkonsultasikannya pada dokter. Jika Anda termasuk orang yang memusuhi bahan kimia, Anda bisa pula memperoleh manfaat vitamin biotin dengan mengkonsumsi beberapa jenis makanan. Jenis makanan tersebut antara lain keju, telur, hati, kacang-kacangan, daging sapi dan masih banyak lagi lainnya.

Vitamin B dan C Untuk Kesehatan Rambut
Selain produk biotin, pada hakekatnya vitamin B serta vitamin C juga memiliki peranan untuk melawan gejala rambut rontok. Vitamin B misalnya, secara khusus bertanggungjawab untuk memproduksi protein yang fungsi utamanya adalah untuk memperkuat akar rambut, menambah volume, serta memelihara tekstur rambut. Sementara itu, vitamin C berperan merangsang pertumbuhan rambut. Vitamin C juga kaya akan antioksidan yang ikut berperan dalam produksi kolagen tubuh. Kolagen sendiri telah terbukti secara klinis membantu metabolisme. Sistem metabolism yang baik akan berpengaruh pada kesehatan rambut Anda.

Cermat Memilih Yang Alami
Vitamin untuk rambut rontok pada dasarnya memiliki sistem kerja yang sama. Yakni memperbaiki  nutrisi dari dalam tubuh. Namun sebagai pilihan yang bijak, ada baiknya Anda mengkonsumsi makanan yang mengandung vitamin untuk tubuh ketimbang memilih pil-pil vitamin. Mengurangi asupan bahan kimia adalah salah satu bentuk menyayangi tubuh Anda sendiri. Sebab, patut disadari, pili-pil atau kapsul kimia tak bisa diserap tubuh secara penuh. Jadi, bijaklah memilih.