Cara Sederhana untuk Mencegah Rambut Rontok


cara mencegah rambut rontok
Rambut sehat dan subur merupakan dambaan semua orang. Segala macam cara ditempuh untuk mendapatkannya. Mulai dari langkah sederhana sampai langkah paling ekstrim sekalipun. Rambut memang memegang peranan yang penting terutama dalam hal kecantikan. Namun, seiring bertambahnya usia, atau karena faktor lainnya, rambut manusia sering mengalami kerusakan yang berakibat pada kerontokan. Rambut rontok adalah jenis  keluhan rambut yang paling banyak dijumpai. Solusi untuk menyembuhkannya pun masih simpang siur. Tingkat keberhasilannya sukar untuk diukur. Oleh sebab itu, jauh lebih baik mencegah ketimbang mengobati. Berikut beberapa cara mencegah rambut rontok.

Mulai Dari Bahan Tradisional Di Rumah


Langkah praktis merawat rambut agar subur dan jauh dari masalah kerontokan adalah dengan memanfaatkan bahan-bahan tradisional di dapur rumah Anda. Perlu Anda ketahui bahwa beberapa bahan dapur memiliki khasiat yang luar biasa bagi rambut. Sebut saja jus bawang merah yang dioleskan pada kulit kepala ternyata bisa menambah kekuatan pada akar rambut. Untuk hasil terbaik, diamkan selama satu jam sebelum dicuci bersih.

Resep tradisional lainnya adalah campuran minyak kelapa dan bawang merah yang telah dihaluskan. Kombinasi keduanya bisa membuat rambut Anda tebal dan bersinar. Jika Anda menggunakan resep ini, jangan lupa mencuci rambut dengan benar sebab jika tidak, aroma kurang sedap dari bawang akan menempel pada mahkota Anda.

Selain bawang merah dan minyak kelapa, cara mencegah rambut rontok juga bisa dengan menggunakan tanaman lidah buaya. Caranya cukup praktis, Anda tinggal menggosokkan kulit dalam lidah buaya pada kulit kepala Anda secara perlahan. Kemudian diamkan selama satu jam sambil dibungkus handuk hangat. Selebihnya bilas dengan bersih. Lidah buaya telah lama dikenal sebagai tanaman yang memang berkhasiat menyuburkan serta menguatkan rambut.

Resep sederhana lainnya adalah dengan menggunakan kulit semangka. Buah segar kaya akan air ini ternyata juga menyimpan nutrisi di dalam kulitnya. Jika selama ini kita hanya membuang kulit semangka, maka mulai sekarang Anda bisa menyimpan kulit semangka Anda sebab berkhasiat untuk mencegah rambut rontok. Caranya lumayan sederhana, cukup gosokkan kulit semangka (bagian yang berair) pada kulit kepala. Diamkan beberapa saat dan kemudian bilas bersih. Cara ini bisa menguatkan akar rambut Anda.

Pijatan Untuk Melancarkan Sirkulasi Darah


Selain dengan resep bahan dapur, kerontokan juga bisa dicegah dengan cara memijat kulit kepala secara teratur. Pijatan boleh menggunakan minyak semacam zaitun, kemiri, minyak canola dan semacamnya. Untuk hasil terbaik, panaskan minyak untuk memijat agar lebih mudah diserap oleh rambut. Jika Anda tak menyukai tambahan minyak, Anda bisa saja memijat kulit kepala tanpa tambahan apapun. Pemijatan pada kulit kepala bisa merangsang sirkulasi darah dan menyehatkan folikel rambut.

Perbaiki Asupan Nutrisi


Cara mencegah rambut rontok lainnya adalah dengan memperhatikan asupan gizi tubuh Anda. Rambut sebenarnya merupakan perlambang kesehatan tubuh. Pada beberapa kondisi tertentu, kerontokan rambut bisa menjadi signal adanya sesuatu yang salah pada tubuh. Gejala yang paling lazim adalah kurangnya nutrisi. Maka jangan heran jika banyak para penganut diet ketat yang mendapati rambutnya rontok hebat.

Untuk menghindari kerontokan, mulailah menakar asupan gizi yang Anda konsumsi. Tempatkan protein dan kalsium sebagai unsur utama yang harus dipenuhi. Makanan seperti kedelai, bayam, tauge dan semacamnya dikenal sangat baik untuk mencegah rambut rontok. Zat besi juga merupakan unsur yang tak boleh luput dari menu harian Anda.

Perlakukan Rambut Dengan Benar
 

Selain cara sebelumnya, adalah penting juga untuk tidak membebani rambut dengan perlakuan yang berpotensi merusak. Misalnya menggunakan pewarna rambut, sering mencatok rambut tanpa diiringi perawatan yang memadai, menggunakan pengering rambut setiap hari, mengkonsumsi alkohol, mengikat rambut terlalu kuat, menggunakan sisir yang terlalu padat dan masih banyak lagi lainnya. Jika Anda takut pada kerontokan, mulailah memperlakukan rambut dengan hati-hati.

Sadarilah bahwa cara mencegah rambut rontok jauh lebih mudah ketimbang cara mengobati rambut yang sudah terlanjur rontok. Disiplinkan diri Anda agar benar-benar terhindar dari ancaman kebotakan yang satu ini. Jangan lupa pula untuk menghindari stress, sebab penelitian terbaru menyatkan bahwa tekanan pikiran jauh lebih kuat merusak kesehatan rambut ketimbang hal lainnya. Perbanyak meditasi mungkin solusi terbaik untuk menyeimbangkan pikiran Anda. Selamat mencoba!