Tips Menghilangkan Gatal Di Kulit Kepala


Tips Menghilangkan Gatal Di Kulit Kepala
Gatal di kepala tentu sangat mengganggu. Kondisi ini tak hanya menguras energi untuk terus menerus menggaruk tapi juga meresahkan sebab rasa gatal tersebut merupakan penanda tidak sehatnya kulit kepala.  Ada beberapa faktor yang melatarbelakangi kondisi ini. Penyebab yang paling umum adalah ketombe.  Namun, pada kondisi tertentu, faktornya bisa saja hal lain. Sebelum menentukan langkah untuk menghilangkan gatal di kulit kepala, adalah penting untuk mengidentifikasi penyebab gatal tersebut.

Faktor Penyebab Gatal

Seperti telah disebutkan sebelumnya bahwa faktor umum yang menyebabkan timbulnya gatal di kepala adalah ketombe. Ketombe sendiri merupakan kondisi medis yang menandakan adanya aktifitas atau pertumbuhan jamur dalam kapasitas yang berlebihan di kulit kepala. Selain mengakibatkan gatal, ketombe juga bisa membuat rambut rontok sebab akar rambut akan menjadi rapuh dengan adanya ketombe.

Jika rasa gatal pada kulit kepala Anda disebabkan oleh ketombe, maka langkah paling ampuh untuk menghilangkannya adalah dengan memakai produk shampoo yang mengandung zinc, minyak pohon teh,  pyrithone, dan selenium. Jika kondisi ini cukup parah, Anda bisa mengkonsumsi pil anti jamur. Tapi sebelumnya, pastikan Anda telah berkonsultasi pada dokter.

Reaksi Alergi Terhadap Bahan Kimia

Penyebab lain yang bisa memicu rasa gatal di kepala adalah penggunaan bahan-bahan kimia yang berlebihan. Contoh kasus yang paling banyak terjadi adalah penggunaan hairdryer, pewarna rambut, shampoo dengan kandungan tertentu, dan masih banyak lagi lainnya. Untuk mengurangi gatal akibat alergi, Anda tentu harus cermat mengurangi pemakaian benda-benda penyebab alergi tersebut. Beralih pada produk herbal bisa jadi pilihan yang cerdas.

Waspadai Psoriasis

Untuk beberapa kasus tertentu, cara menghilangkan gatal di kulit kepala memerlukan perawatan medis yang lebih lanjut. Terlebih jika rasa gatal tersebut terus berlanjut dan menunjukkan gejala-gejala semacam munculnya kerak tebal di kulit kepala, bercak-bercak yang mengumpul, kulit kepala mengalami penebalan, dan cenderung luka saat digaruk. Serangkaian gejala ini menunjukkan kehadiran penyakit bernama Psioriasis. Jika terjadi hal demikian, Anda harus segera memeriksakan kondisi kepala Anda pada dokter terkait.

Penyakit lain yang patut Anda waspadai adalah penyakit Staphylococcal yang ditandai dengan terjadinya penumpukan nanah pada kulit kepala. Gejala umum yang dirasakan beberapa orang seperti kulit kepala yang memerah, terjadi pembengkakan, gatal yang terus menerus terasa namun dibarengi dengan rasa sakit dan juga kerontokan parah. Penyakit ini tidak bisa ditaklukkan dengan produk di pasaran, Anda harus membuat jadwal bertemu dokter sesegera mungkin.

Tips Menghilangkan Gatal di Kulit Kepala

Cara menghilangkan gatal di kulit kepala memang lumayan rumit. Ada baiknya Anda membentengi diri dari gejala yang mengganggu ini. Tips sederhana untuk menghalau rasa gatal adalah dengan senantiasa menjaga kebersihan kulit kepala. Usahakan keramas secara teratur dan gunakan produk yang paling sedikit menggunakan bahan kimia. Tips lainnya yakni dengan menghindari air bersuhu hangat saat keramas. Hal ini bisa memicu iritasi pada kepala dan mengundang rasa gatal. Trik lainnya adalah menggunakan payung atau pelindung kepala sesering mungkin, terlebih pada kondisi matahari terik. Hal ini bisa mengundang jamur yang bercampur dengan keringat.