Tips Merawat dan Mengatasi Rambut Kering


Mengatasi Rambut Kering
Rambut adalah mahkota bagi setiap wanita didunia. Memiliki rambut yang lembut, indah, lebat, dan terawat tentu merupakan idaman setiap kaum hawa. Stres, perubahan hormon, dan polusi merupakan beberapa faktor yang menghambat pertumbuhan rambut secara baik, tak jarang juga memicu berbagai masalah rambut. Salah satu masalah rambut yang sering dijumpai adalah rambut kering. Adakah hal yang dapat membantu masalah Anda dalam mengatasi rambut kering?

Anda tidak perlu khawatir terhadap rambut kering! Pada kesempatan kali ini, Kemilau Rambut akan membahas mengenai tips yang dapat Anda lakukan untuk mengatasi rambut kering. Namun sebelumnya, akan sedikit saya bahas mengenai penyebab masalah rambut kering.

Beberapa hal di bawah ini merupakan beberapa penyebab rambut kering :
1.    Terkena sinar matahari langsung dalam waktu yang lama.
2.    Pengeringan rambut setelah keramas yang berlebihan.
3.    Menyisir dengan cara yang tidak tepat.
4.    Penggunaan zat kimia salon dan make up yang berlebihan pada rambut.
5.    Pewarnaan rambut yang tidak sesuai dengan aturan pemakaiannya.

Lalu bagaimana jika Anda terlanjur memiliki rambut yang kering? Berikut tips yang dapat dilakukan untuk mengatasi rambut kering :


Mengatasi rambut kering menggunakan buah alpukat
Ambil 1 buah alpukat dan belah menjadi 2 bagian, buang biji, dan pisahkan kulit dan daging buahnya menggunakan sendok. Haluskan daging buah alpukat hingga lembut kemudian campur dengan minyak zaitun dan madu masing-masing satu sendok makan lalu aduk hingga rata. Aplikasikan masker ini pada rambut yang telah dibasahi.  Diamkan selama kurang lebih 30 menit, kemudian bilas hingga bersih dengan air dingin.
Mengatasi rambut kering menggunakan minyak zaitun
Kandungan vitamin E dan antioksidan yang terkandung dalam minyak zaitun dapat membantu melembabkan rambut yang kering dan rusak.Pijatlah daerah kepala dengan menggunakan minyak zaitun selama kurang lebih 30 menit sebelum keramas.Kemudian bilaslah menggunakan air hingga bersih.
Keramas Setiap Hari Juga Tidak Dianjurkan
Sering tidak disadari bahwa rambut memiliki kandungan minyak yang secara alami dapat mengatasi rambut kering. Keramas memang dapat membersihkan rambut dari kotoran, namun apabila dilakukan setiap hari, minyak alami yang ada di rambut juga akan hilang. Hal ini menyebabkan rambut menjadi kering dan kusam. Karenanya, sebaiknya Anda menghindari keramas setiap hari dan hanya melakukannya dua hari sekali.
Hentikan Sementara Waktu Penataan Rambut
Hentikan sejenak kebiasaan menata rambut.Penggunaan alat-alat seperti pengeriting rambut, blow dryer, sasak dan sejenisnya membuat rambut kita cenderung lebih kering dan kusam.Biarkan rambut beristirahat dari kegiatan berat tersebut.
Jangan Mengikat Rambut saat Tidur
Lepaskanlah ikatan rambut ketika hendak pergi tidur.Biarkan rambut Anda bernapas setelah seharian Anda mengikatnya ketika beraktivitas.
Jangan Menggaruk Kepala Secra Berlebihan Ketika Keramas
Menggaruk kepala secara berlebihan ketika keramas dapat mengurangi pelembab alami rambut pada kulit kepala, jadi lakukan kegiatan menggaruk secukupnya saja.
Perhatikan Cara Menyisir Rambut
Rambut kering yang ada dalam keadaan basah cenderung lebih rapuh.  Untuk itu, sisirlah rambut Anda setelah rambut benar-benar kering.
Gunakan Kondisioner Rambut yang Tepat
Kondisioner adalah pelembab rambut.  Fungsinya tentu membantu Anda untuk melembabkan rambut, namun pilihlah kondisioner yang tepat untuk rambut Anda. Karena penggunaan kondisioner yang kurang tepat malah akan memberikan efek yang kurang baik pada rambut.
Tips mengatasi rambut kering diatas tergolong sangat mudah untuk dilakukan sendiri dirumah. Anda juga tidak perlu meminta bantuan orang lain untuk melakukannya. Pilih shampo yang tepat dan sesuai dengan jenis rambut dan kulit kepala Anda. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba!