Cara Cepat Menumbuhkan Rambut


cara cepat menumbuhkan rambut
Apakah Anda memili pengalaman buruk dengan rambut rontok yang selalu membayangi? Anda harus segera mengambil tindakan dan melakukan apa saja yang dapat Anda lakukan untuk mencegah rambut rontok dan membuat rambut tumbuh lebih cepat. Berikut ini beberapa tips cara cepat menumbuhkan rambut :

1. Cobalah untuk menghindari atau tidak menggunakan perawatan kimia seperti pewarna, pelurus, dan juga pencipta gelombang. Produk-produk yang tidak alami tersebut dapat melemahkan rambut Anda dan pada akhirnya menyebabkan kerusakan dan kerontokan.




2. Kekurangan zat besi dapat menyebabkan rambut Anda menipis dan kehilangan kemilaunya. Perempuan yang memiliki siklus menstruasi yang berat kemungkinan besar akan mengalami kekurangan zat besi. Pastikan Anda berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter atau pekerja medis profesional sebelum mengkonsumsi suplemen zat besi, karena apabila dilakukan dengan sembrono, terlalu banyak zat besi yang kita konsumsi bisa menjadi racun bagi tubuh kita. Daripada mengkonsumsi suplemen, Anda dapat memperoleh zat besi secara alami dari makanan sehari-hari  seperti tahu, kacang-kacangan, bayam, plum, kismis, dan daging sapi tanpa lemak.


3. Jika Anda menginginkan cara cepat menumbuhkan rambut, sangat disarankan agar mengkonsumsi multivitamin untuk menambah supply nutrisi ke tubuh Anda. Vitamin adalah titik awal untuk menjaga kesehatan kulit kepala. Kulit kepala yang sehat akan menjadi awal yang baik bagi pertumbuhan rambut Anda.

 
4. Cukupi asupan Vitamin C pada menu harian Anda. Sebisa mungkin Anda harus mengkonsumsi makanan yang kaya akan vitamin C. Hal ini dikarenakan Vitamin C akan memudahkan tubuh untuk menyerap zat besi.

 
5. Anda tidak harus membeli suplemen dengan harga mahal seperti biotin. Meskipun ada klaim yang menyatakan bahwa biotin membantu pertumbuhan rambut lebih cepat, tetapi hingga saat artikel ini ditulis, belum ada penelitian yang telah membuktikan hal ini. Beberapa catatan medis yang ada, konsumsi biotin yang tidak semestinya merupakan penyebab rambut rontok parah. Kondisi ini memang sangat langka, namun Anda juga patut untuk waspada.


6. Hindari penurunan berat badan secara dramatis. Semakin Anda kehilangan berat badan, lebih banyak rambut Anda akan rontok. Perubahan bentuk tubuh Anda selama menjalani program penurunan berat badan akan menyebabkan penipisan rambut, hal ini disebabkan oleh perubahan nutrisi dan stres yang terlibat dalam penurunan berat badan. Jaga pola makan seimbang dan berkonsentrasi pada pengurangan kalori bertahap yang memungkinkan kehilangan hanya 1 -2 kg per bulan.


7. Siklus tumbuh rambut biasanya akan tumbuh selama minimal 2-5 tahun kemudian melambat selama sekitar 6 minggu sebelum akhirnya masuk ke tahap istirahat selama 3-5 bulan. Setelah masa tersebut rambut akan mengalami kerontokan untuk membuat ruang bagi pertumbuhan rambut baru. Biasanya sekitar 15% dari rambut Anda akan berada dalam fase istirahat, tetapi jika Anda mengubah asupan gizi Anda secara tiba-tiba, dapat menyebabkan kerusakan pada folikel rambut dan membuatnya memasuki fase istirahat lebih awal.


8. Stress adalah faktor lain yang dapat mencegah pertumbuhan rambut lebih cepat. Stres sebenarnya dapat menyebabkan rambut rontok permanen, jika Anda mengalami stres baik emosional atau fisik dapat memakan waktu hingga 4 bulan mengembalikan pertumbuhan rambut agar menjadi normal kembali.

 
9. Salah satu cara cepat menumbuhkan rambut adalah dengan menggunakan masker rambut. Masker dapat membantu mengembalikan minyak alami pada rambut Anda. Cara paling mudah untuk membuat masker rambut adalah dengan menggunakan telur yang dikocok lepas dan mengoleskannya ke rambut Anda. Biarkan selama beberapa menit dan kemudian bilas dengan air dingin dan sampo.