Cara Menghilangkan Ketombe Secara Alami


Cara menghilangkan ketombe
Ketombe atau biasa juga dikenal dengan istilak sindap, kelemumur dan dalam lingkup ilmiah bernama Pityriasis Capitis ini merupakan kulit mati di kepala yang terkelupas.  Hal ini merupakan proses alamiah dan juga masih dalam lingkup normal jika jumlahnya masih sedikit. Tetapi dalam kondisi tertentu, ketombe muncul secara berlebihan dan terus menerus boleh jadi pertanda kulit kepala sedang terjangkiti infeksi. Dalam kondisi normal, cara menghilangkan ketombe yang cukup ampuh adalah dengan menggunakan shampoo anti-ketombe. Cara ini cukup mudah dan tentu praktis. Namun tidak semua shampoo bisa mengatasi keluhan ketombe secara nyata. Terlebih memilih shampoo yang tepat bagi kepala juga bukan persoalan mudah. Karena itu, apa salahnya mencoba alternatif alamiah dalam mengusir ketombe. Berikut cara menanggulangi ketombe dengan menggunakan bahan-bahan alami di sekitar Anda.


Dengan Jeruk Nipis Hingga Kangkung

Cara menghilangkan ketombe dengan jeruk nipis cukup mudah. Pertama, siapkan perasan jeruk nipis sebanyak 100 ml, kemudian siapkan juga santan sebanyak 100 ml, takaran yang sama juga untuk air nanas yakni sebanyak 100 ml. Semua air perasan tersebut dicampurkan dalam 1 wadah. Kemudian aduk hingga tercampur secara merata dan sempurna. Selanjutnya gunakan langsung ke kepala Anda paling tidak dalam seminggu sebanyak 2 kali. Bilas bersih dengan menggunakan shampoo anti-ketombe yang biasa Anda pakai.
Cara selanjutnya adalah dengan menggunakan jus apel. Tak hanya nikmat diminum, jus apel juga ampuh melenyapkan ketombe Anda. Caranya cukup mudah, siapkan 2 ataukah 3 buah apel dan ambil sarinya dengan cara dibuat jus. Pisahkan ampas dan air apel kemudian tambahkan air hangat secukupnya. Kemudian aplikasikan pada kulit kepala Anda sembari dipijat lembut kurang lebih 5 menit. Setelah itu diamkan selama 20 menit dan bilas dengan shampoo.

Alternatif lainnya adalah dengan daun pandan. Caranya, siapkan daun pandan sebanyak 7 lembar dan pastikan Anda mencucuinya secara bersih. Setelah itu halsukan daun tersebut, bisa dengan cara digerus, ditumbuk atau digiling. Setelah halus tambahkan setengah cangkir air berish. Kemudian peras pandan tersebut dan ambil airnya. Gunakan air pandan ke kulit kepala dan diamkan selama 30 hingga 40 menit. Bilas bersih setelahnya.

Suka makan kangkung? Jika iya, siap-siap terkejut sebab ternyata kangkung juga ampuh mengusir ketombe Anda! Cara menghilangkan ketombe dengan kangkung cukup mudah. Ambil seikat sayur kangkung dan pastikan Anda mencucinya secara bersih. Kemudian rebus daun kangkung dengan dua gelas air hingga susut menjadi 1 gelas saja. Angkat dan dinginkan. Setelah itu remas daun kangkung tapi jangan sampai terlalu lumat. Selanjutnya gosokkan kangkung tadi di kulit kepala berketombe Anda dan diamkan selama kurang lebih 40 menit. Selanjutnya, basahi kepala denga  air rebusan kangkung dan kemudian bilas lagi kepala Anda dengan air bersih dan shampoo.

Gunakan Lidah Buaya Hingga Cuka Putih

Bahan alami lainnya yang ampuh mengusir ketombe adalah lidah buaya. Tanaman unik yang satu ini memang sudah lama dikenal memiliki efek yang bagus di rambut. Cara menggunakan lidah buaya untuk mengusir ketombe adalah dengan menghaluskan daging dalam lidah buaya. Setelah itu, aplikasikan pada rambut terutama daerah kulit kepala. Diamkan selama 15 menit dan bilas dengan bersih. Alternatif alami lainnya adalah dengan menggunakan minyak zaitun. Caranya mudah, cukup panaskan minyak zaitun secukupnya di dalam mangkuk. Kemudian oleskan pada kulit kepala dengan cara dipijat secara lebut. Selanjutnya bungkus rambut Anda dengan  handuk yang lembab dan diamkan kurang lebih 15 menit. Selanjutnya bilas bersih rambut Anda. Lakukan minimal seminggu sekali untuk hasil yang maksimal.

Cara menghilangkan ketombe secara alami lainnya adalah dengan menggunakan soda kue. Caranya sangat mudah, ambil segenggam soda kue dan kemudian gosokkan di kulit kepala. setelah dirasa cukup, bilas kepala Anda. Lakukan perawatan ini minimal seminggu sekali untuk hasil maksimal. Cara lainnya adalah dengan garam. Caranya hampir sama dengan soda kue. Saat Anda membilas rambut Anda, dalam keadaan basah, taburi kulit kepala dengan garam dan gosok pelan. Setelah itu bersihkan rambut dengan air dan shampoo. Cara ampuh terakhir adalah dengan menggunakan cuka putih. Cukup campurkan dengan air bersih dengan takaran 1 cangkir cuka dan 1 cangkir air putih. Aplikasikan di kepala Anda setelah keramas sebagai bilasan terakhir. Diamkan selama 15 menit kemudian bilas lagi dengan air bersih. Selamat mencoba ya!