8 Cara Alami Menghitamkan Rambut Anda


cara menghitamkan rambut
Beberapa tahun belakangan ini, trend rambut bewarna hitam sedang digemari masyarakat Eropa. Mengapa? Sebab rambut hitam memang mampu membuat tampilan seseorang lebih memukau. Bagi ras Asia, hitam merupakan warna rambut alamiah. Kebanyakan warga Asia memang terlalhir dengan warna tersebut. Meski demikian, karena beberapa kondisi yang tidak menguntungkan, tingkat kepekatan warna hitam pada rambut bisa berangsur berkurang. Hal ini bisa terjadi pada siapapun. Nah bagi Anda merasa rambut Anda kurang hitam, jangan cemas, sebab ada banyak cara menghitamkan rambut secara maksimal yang bisa Anda coba. Tapi kuncinya, selalu ingat, sebelum memutuskan memakai bahan kimia, lebih baik gunakan bahan-bahan alami yang jauh lebih aman. Apa saja? Silahkan simak uraian kami berikut ini.


  1. Gunakan minyak yang dipanaskan. Jenis minyak yang Anda pakai sesuai dengan yang Ada di rumah Anda. Bisa minyak kemiri, olive oil, minyak kelapa, argan oil, minyak biji anggur dan lain-lain. Kesemua minyak ini memiliki efek menghitamkan. Tapi pastikan Anda menghangatkannya terlebih dahulu sebelum diaplikasikan di kepala. Mengapa? Sebab jika minyak dalam kondisi hangat, jauh lebih mudah diserap oleh rambut.
  2. Gunakan urang-aring. Bahan yang satu ini sudah lama dikenal sebagai penghitam rambut alami paling ampuh. Jika Anda sulit mendapatkannya, beli saja minyak urang-aring. Gunakan dalam keadaan hangat sembari memijat kulit kepala Anda. Lakukan dua kali seminggu selama 3 bulan, dan lihat hasilnya.
  3. Gunakan biji pepaya. Tidak banyak yang tahu bahwa biji pepaya yang disangrai dan kemudian dihaluskan sangat baik dalam menghitamkan rambut. Bubuk biji pepaya yang dioleskan ke rambut akan menambah pekat warna hitam helai rambut Anda. Lakukan dengan dibarengi pemijatan agar lebih maksimal. Setelah dipijat, diamkan minimal 3 jam dan kemudian bilas bersih. Lakukan secara rutin!
  4. Pakailah Daun Kare. Anda pasti tahu salah satu kelebihan wanita India adalah rambut hitam menawan. Salah satu rahasia mereka adalah daun kare. Ia merupakan salah satu bumbu pelengkap kare India. Anda bisa mendapatkannya di toko-toko. Cara menggunakannya cukup mudah. Rebus beberapa helai daun kare dan kemudian diamkan air rebusan tersebut selama semalaman. Esoknya, gunakan air tersebut seperti Anda sedang memakai toner.
  5. Minyak bunga sepatu juga diketahui bisa mengembalikan warna hitam di helai rambut Anda. Minyak jenis ini memang susah didapatkan. Tapi siapa tahu Anda menemukannya di rak supermarket tak terduga. Beli dan pakai di kepala Anda!
  6. Gunakan perasan air lemon. Tips ini selain bisa mengusir ketombe ternyata juga bisa membuat rambut lebih hitam subur.
  7. Minyak wijen bisa menghitamkan rambut Anda loh! Caranya cukup dioleskan pada kepala dan pijat kemudian diamkan selama 3o menit. Bersihkan.
  8. Selain perawatan dari luar, cara menghitamkan rambut juga harus dibarengi dengan asupan nutrisi dari dalam. Salah satu yang wajib Anda coba adalah jus wortel. Penelitian membuktikan mereka yang minum jus wortel rutin memiliki rambut yang jauh lebih hitam.
Demikian cara menghitamkan rambut yang bisa Anda coba di rumah. Selain mengupayakan cara di atas, pastikan juga Anda menghindari beberapa kebiasaan yang akan merusak warna rambut Anda. Salah satunya adalah malas menggunakan penutup kepala sehingga rambut terpapar sinar matahari berlebih dan menjadikan warnanya kusam.