Manfaat Terbaik Seledri untuk Rambut



manfaat seledri untuk rambut

Rambut sehat merupakan dambaan setiap orang. Tak jarang kita menjadi konsumtif hanya karena rambut. Membeli beragam produk dengan harga mahal demi mendapatkan rambut indah, kuat dan tentu sehat. Hal ini tak sepenuhnya salah sebab rambut memang melengkapi penampilan. Namun, tahukah Anda bahwa alam telah menyediakan sumber kesehatan termasuk untuk rambut? Salah satu hal terbaik dari alam untuk rambut Anda adalah seledri. Mudah didapatkan dan tentu murah! Seledri atau Apium graveolens L. merupakan tanaman obat yang biasa dikonsumsi sebagai sayuran dan bumbu masakan.  Seledri tak hanya nikmat tetapi juga sehat. Dengan mengkonsumsi komponen makanan ini penyakit seperti hipertensi, kurang nafsu makan dan susah kencing bisa diatasi. Tak hanya untuk kesehatan, manfaat seledri untuk rambut juga patut diperhitungkan. Tak percaya? Berikut uraiannya.



Penyubur Rambut Alami

Seledri mengandung nutrisi yang kompleks. Senyawa aktif di dalamnya antara lain kalsium, zat besi atau Fe, natrium, vitamin A juga B dan masih banyak lagi lainnya. Berkat kandungan yang kompleks ini, seledri dikenal juga sebagai penyubur rambut alami dan akan lebih maksimal jika diaplikaskan sejak bayi. Cara mendapatkan rambut lebat dengan seledri sebagai berikut:
  • Cara Pertama:
Siapkan 7 sampai 10 helai seledri. Cuci sampai bersih sempurna. Kemudian tumbuk halus dan gosokkan ke rambut yang telah dibersihkan. Pijat lembut kulit kepala Anda selama 15 menit. Setelah itu bungkus rambut yang telah digosokkan seledri dan diamkan selama 1 jam. Setelah itu, kembali bilas rambut dengan air bersih. Untuk hasil maksimal, lakukan langkah ini seminggu sekali.
  • Cara Kedua:
Ambil selederi sebanyak satu genggaman kemudian cuci bersih dan potong dalam ukuran kecil. Selanjutnya, rebus bersama air bersih. Tunggu sampai mendidih, angkat dan kemudian pisahkan air dan ampas. Air rebusan tadi dicampurkan dengan satu sendok makan cuka. Aplikasikan di rambut anda setelah keramas. Diamkan sampai kering. Setelahnya, cuci lagi hingga bersih. Untuk mendapatkan manfaat seledri untuk rambut maka lakukan langkah ini secara teratur.

Mengobati Kerontokan

Selain menyuburkan rambut, seledri juga ternyata ampuh menanggulangi rambut yang sudah terlanjur rontok. Hal ini terkait dengan kandungan kalsium seledri yang tinggi. Kalsium sendiri merupakan salah satu komponen yang bisa memperkuat akar rambut Anda. Untuk mendapatkan manfaat seledri untuk rambut rontok, berikut resep yang bisa Anda coba :

Ambil seledri sebanyak dua genggam. Bersihkan dan potong kecil-kecil. Selanjutnya haluskan dengan cara diblender. Setelah halus sempurna, simpan seledri yang telah halus dan kemudian campurkan dengan 1 butir telur yang telah dikocok. Aplikasikan campuran telur dan seledri tersebut di kepala Anda dan pijat lembut selama 15 menit. Setelah itu diamkan kurang lebih 1 jam dan bilas bersih. Manfaat seledri untuk rambut rontok akan mulai terasa setelah 5 kali pemakaian. Jadi lakukan perawatan ini secara teratur. Selamat mencoba!