Tips Cara Merawat Rambut Bercabang


Tips Cara Merawat Rambut Bercabang
Rambut menempati posisi yang penting dalam mempercantik penampilan. Kesehatan rambut juga merupakan simbol kesehatan tubuh. Oleh karena itu, penting untuk merawat rambut Anda.  Jika tidak telaten, rambut bisa saja mengalami stress dan rusak. Salah satu jenis kerusakan yang lazim ditemukan adalah kondisi rambut yang bercabang. Uniknya, hal ini hanya dijumpai pada wanita dan jarang terjadi pada pria. Rambut bercabang terlihat sangat mengganggu. karena itu, penting untuk mengetahui tips cara merawat rambut bercabang.


Penyebab Rambut Bercabang

Rambut bercabang paling banyak ditemui pada wanita bukan tanpa alasan. rambut wanita biasanya cenderung lebih panjang. Hal ini membuat ujung rambut tidak lagi bisa dijangkau oleh minyak atau sebum yang diproduksi oleh kulit kepala. Jika berlangsung lama, maka hal ini menyebabkan kekeringan dan berujung pada rambut yang pecah atau sering disebut bercabang bercabang.

Tips Merawat Rambut Bercabang


Setelah mengetahui penyebab rambut bercabang, tentu Anda juga harus memahami cara merawat rambut bercabang sebab perawatannya cukup berbeda dari jenis kerusakan rambut lainnya. Beberapa tips yang bisa Anda terapkan, antara lain :
  1. Potonglah ujung rambut Anda yang terlihat bercabang. Hal ini merupakan langkah paling praktis dan cepat. Namun bukan berarti rambut Anda tak akan bercabang lagi. Ini adalah solusi temporer yang perlu Anda kombinasikan dengan solusi yang hasilnya bertahan lama.
  2. Jangan sering menggesek rambut Anda terlebih dengan handuk bernulu kasar sebab akan membuat rambut rusak dan cenderung kering. Jauh lebih sehat jika Anda membiarkan rambut Anda kering secara alami.
  3. Hindari rambut dari klorin yang biasa ada pada air di kolam renang. Efeknya tak baik bagi rambut Anda.
  4. Selalu luangkan waktu untuk memakai kondisioner. Namun jangan hanya di kulit kepala tetapi aplikasikan juga secara merata di ujung rambut agar lebih lembab dan tidak kering. Ingat, rambut kering adalah penyebab rambut bercabang.
  5. Alternatif terbaik dari dapur Anda adalah mayonnaise. Ternyata kondisioner dari mayonnaise cukup ampuh melembabkan rambut dan mengusir rambut bercabang.
  6. Selain perawatan dari luar, rambut sehat juga harus dirawat dari dalam. Konsumsilah makanan dengan kandungan protein yang tinggi sebab akan memperkuat serta mempertebal rambut.
Tips merawat rambut bercabang di atas cukup mudah. Kuncinya adalah kedisiplinan Anda. Rambut yang sehat merupakan idaman semua orang. Meski harus kerja keras mendapatkannya, namun sepadan dengan hasil yang nantinya akan Anda dapatkan. Rambut yang sehat juga bisa menjadi cerminan jiwa Anda. Jadi hati-hatilah memperlakukan rambut!