Kenali Penyebab Rambut Rontok


Penyebab Rambut Rontok
Semua orang pasti menginginkan rambut yang indah, berkilau, kuat serta sehat. Rambut letaknya di kepala. Ia merupakan penyempurna penampilan. Lantas apa jadinya jika rambut Anda mengalami kerontokan? Bagi sebagian kecil orang, hal ini tak jadi masalah. Tetapi bagi Anda yang menghargai kesempurnaan juga kesehatan, rambut rontok merupakan signal ada sesuatu yang “salah” pada diri Anda. Entah itu karena faktor dari dalam atau dari luar. Sebelum mengambil tindakan pengobatan yang diperlukan, ada baiknya Anda mengetahui beberapa penyebab rambur rontok. Uraiannya sebagai berikut.



Diet Ketat Hingga Gigi Bolong

Salah satu penyebab rambut rontok yang paling umum ditemui pada wanita adalah pola diet yang salah sehingga asupan nutrisi ke dalam tubuh berkurang secara drastis. Tahukah Anda bahwa untuk tumbuh, rambut juga perlu diberi makan tak hanya dari luar tetapi juga dari dalam. Kurangnya nutrisi seperti vitamin, protein, kalsium dan lain-lain akan membuat akar dan batang rambut Anda lemah dan mudah rontok. Selain diet ketat, merokok juga menjadi penyebab kerontokan. Hal ini disebabkan terhambatnya suplai oksigen ke rambut sehingga nutrisi tidak bisa diserap secara benar. Selain itu, rokok juga terbukti mempercepat penuaan dan salah satu gejala penuaan yang paling lazim adalah kerontokan rambut.

Pemicu kerontokan lainnya adalah stress. Dalam kondisi tertekan, tubuh secara alamiah akan memproduksi sebuah hormone yang disebut noradrenalin dan kortisol. Hormon ini bekerja dengan cara membuat rambut “istiraha” dan tidak lagi memproduksi rambut-rambut baru. Dalam masa stress rambut yang rontok tak akan diimbangi dengan rambut baru. Maka wajar jika rambut Anda akan terlihat menipis. Kabar baiknya, setelah stess hilang rambut pun akan tumbuh normal kembali. Penyebab rambut rontok lainnya adalah polutan. Ini terutama terjadi pada mereka yang tinggal di kota dan terpapar polusi setiap hari. Di kota, serangan utama pada rambut adalah asap knalpot. Dan di desa, meski jauh dari kota, dalam kondisi tertentu pulutan juga bisa menyerang rambut Anda terutama yang bersumber dari penggunaan pestisida pada tanaman yang berlebihan.

Selanjutnya, sinar matahari juga ternyata bisa membuat rambut Anda rapuh terlebih jika Anda terpapar  dalam waktu yang lama. Rambut Anda tak hanya rontok dan rapuh tapi juga akan terlihat bercabang dan kering. Hal lainnya yang wajib diwaspadai adalah penggunaan bahan kimia pada prduk perawatan rambut Anda. Kurangi treatmen seperti pelurusan, pengeritingan, pewarnaan dan semua jenis perawatan rambut. Ingat, bukan dihilangkan sama sekali tapi dikurangi. Kalaupun Anda tak sanggup mengurangi, setidaknya imbangi dengan perawatan intens.

Hal lain yang menjadi pemicu rambut rontok dan jarang disadari oleh orang-orang  adalah gigi yang berlubang. Ggi yang rusak dan sudah memasuki tahap infeksi akan dideteksi oleh sistem antibody kita dan secara alamiah tubuh akan memproduksi sel darah putih untuk melawan infeksi tadi. Dan sel darah putih yang berlebihan akan dikirim ke wilayah rambut dan akan membuat folikel Anda berhenti bereproduksi. Jika berlanjut, seseorang akan mengalami kebotakan di kepala bagian tertentu yakni yang dekat dengan gigi yang infeksi. Waspada!

Kehamilan Hingga Mandi Air Hangat

Saat hamil, perempuan akan mengalami beberapa perubahan bilogis di tubuhnya. Salah satunya adalah jumlah volume rambut yang makin hari semakin menipis. Hal ini wajar sebab saat hamil memang terjadi ketidakseimbangan hormone dan memcu kerontokan rambut. Kabar baiknya, setelah masa kehamilan, rambut Anda akna tumbuh normal kembali. Hal lain yang menjadi penyebab rambut rontok adalah penggunaan obat-obatan terutama jika Anda sengan menjalani perawatan semcam kemoteraphy, konsumsi vitamin A dan berlebihan, penggunaan pil KB yang tak cocok dan banyak lagi lainnya.

Penyebab lainnya adalah penyakit. Rambut sesungguhnya merupakan sebuah signal. Saat ia tumbuh sehat artiya Anda sedang dalam kondisi aman tetapi saat ia rontok maka sesuatu sedang tak normal. Penyakit tersebut bisa jadi terdapat infeksi pada kepala Anda ataukah ada penyakit dalam seperti diabetes, tiroid, malaria, lupus dan lainnya yang menunjukkan gejala dengan merontokkan rambut. Hal lain yang bosa memicu kerapuhan rambut adalah kebiasaan Anda  dalam memperlakukan rambut. Jangan mengikatnya terlau berlebihan. Jangan pula menyisirnya dalam keadaan basah. Jangan membebaninya dengan hal yang berat semacam konde dan aksesoris rambut yang menekan akar secara berlebihan. Semua hal ini bisa memicu kerontokan!

Selanjutnya, penyebab kerontokan juga bisa dipengaruhi faktor genetis dan juga usia. Hal ini perlu dikonsultasikan dengan dokter ahli agar didapatkan solusi yang baik. Hal tak terduga lainnya yang bisa menjadi penyebab rambut rontok adalah penggunaan helm. Para ahli mengungkap bahwa penggunaan helm dalam jangka waktu lama bisa memicu kerontokan rambut. Helm akan membuat keringat menumpuk di kepala dan membuat akar rambut Anda melemah. Hal lainnya yang wajib diwaspadai adalah keramas menggunakan air hangat. Baedasarkan penelitian klinis, air hangat bisa membuat folikel rambut Anda terbuka sehingga rambut jauh lebih mudah rontok.  Hal ini sering tidak disadari banyak orang.