Manfaat Minyak Ikan untuk Pertumbuhan Rambut


Manfaat Minyak Ikan untuk Pertumbuhan Rambut
Sejak lama, minyak ikan telah dikenal sebagai salah suplemen yang memiliki segudang manfaat bagi kesehatan. Bahkan sebagian orang menganggap minyak ikan sebagai salah satu obat. Tapi tahukah Anda bahwa suplemen ternyata juga dikenal memiliki kemampuan untuk mengembalikan vitalitas rambut dan meningkatkan kualitasnya? Jika Anda memiliki masalah dengan rambut rontok, mungkin berita ini merupakan salah satu hal yang ingin Anda simak lebih lanjut.

Sebenarnya manfaat minyak ikan untuk pertumbuhan rambut sangat dipengaruhi oleh kandungan minya ikan itu sendiri. Berikut ini beberapa datar kandungan minyak ikan :

1. Omega 3
Salah satu zat penting yang terkandung dalam minyak ikan adalah omega 3. Omega 3 merupakan asam lemak esensial yang sangat dibutuhkan oleh tubuh terutama untuk membantu dalam hal regenerasi. Jika tubuh Anda kekurangan asam lemak esensial, beberapa gejala berikut mungkin akan tampak, seperti : pertumbuhan rambut yang buruk, kulit kering atau penyembuhan luka yang sangat lambat. Dalam kaitannya dengan kesehatan rambut, manfaat omega 3 adalah memberikan asupan nutrisi yang cukup ke folikel rambut sehingga menjadikan rambut lebih berkilau secara alami.

2. Protein
Protein dalam minyak ikan adalah komponen lain yang juga bisa membantu dalam pertumbuhan rambut. Salah satu dampak kurangnya asupan protein adalah rambut mudah rontok dan juga lepek atau berminyak.

3. Asam Lemak Esensial Lainnya
Salah satu kandungan minyak ikan lainnya adalah asam lemak esensial seperti Omega 6 dan Omega 9 serta DHA dan EPA. Zat-zat ini dipercaya mempu membuat rambut menjadi tampak lebih indah dan terhindar dari ketombe dan kulit kepala yang kering.


Nah, ternyata ada beberapa manfaat dari minyak ikan untuk rambut yang tidak kita ketahui sebelumnya. Tidak ada salahnya jika mulai saat ini kita mencoba secara rutin untuk mengkonsumsi minya ikan, karena selain sehat untuk tubuh juga baik untuk merawat penampilan kita.

Sumber :
1. http://www.ehow.com/about_5422639_fish-oil-rapid-hair-growth.html
2. http://solusikesehatankita.wordpress.com/2013/02/26/manfaat-protein-bagi-tubuh/